The Next Step (8) – 1

April 2010 ..

Setelah 26 Maret saya menstruasi, prof. Su meminta saya untuk suntik “Gonal-F”. Beliau lalu menjadwalkan 3 X suntik di tanggal 31 Maret, 2 April, 4 April. Terimakasih suster Novi.. yang sudah rela menyuntik saya di malam hari libur nasional dan hari minggu.. Suster Novi yang tengah hamil 8 bulan dan seminggu lagi akan melahirkan.. Semoga nular.. Ucap saya sambil mengelus perut suster Novi.. Gonal-F disuntikkan di bagian bawah pusar, efeknya setelah suntik saya merasakan ngilu di persendian, dan saat obat diinjeksikan rasanya paerut jadi panas.. jauh lebih sakit daripada suntik biasa di pantat.

6 April saya kembali USG transv untuk mengukur telur.. dan hasilnya.. Alhamdulillah..

Hari ke 12:

– endometrium : 11,4 mm

– Telur Ovarium kanan : 19,8 mm, 21,8 mm, 16,6 mm, 16,9 mm

– Telur Ovarium kiri      : 13 mm, 12,2 mm

Akhirnya! Telur saya besar!.. Alhamdulillah Ya Allah..

Setelah suster menelpon prof. Su, beliau langsung menganjurkan kami untuk melakukan inseminasi. Malam harinya, kami kembali ke Graha Amerta untuk suntik pemecah telur. Dan Kamis, tanggal 8 April jam 9 pagi, kami akan melakukan inseminasi..

Harapan pun serasa terbuka lebar.. Kami optimis akan langkah yang kami ambil.. Walau saya sempat menanyakan, apakah saya tidak perlu menjalani HSG terlebih dahulu seperti yang dilalui teman yang menjalani inseminasi.

8 April 2010.. hari yang kami nantikan tiba..

Pukul 9.00 WIB kami tiba di Lab Fertilitas. Disana kami menunggu giliran dipanggil, lalu kami di beri wadah untuk menampung sprema suami. Setelah itu, kami menunggu kurang lebih 1,5 jam untuk proses seleksi sprema.

Setelah prof. Su tiba, saya pun memulai persiapan inseminasi. Memakai jubah hijau, dan dipersilahkan ke ruang penanaman embrio. Ranjang yang dipakai di dongkrak dengan posisi pantat lebih tinggi, dan setelah dokter memasuki ruangan, beliau berkata bahwa jumlah sprema yang di butuhkan agak kurang, tapi beliau membesarkan hati saya, jika memang sudah rejeki pasti jadi juga.

Bismillah semoga memang kali ini rejeki saya untuk bisa mendapat keturunan walau bukan dengan cara alami..

Proses inseminasi pun dimulai, bagi saya rasanya agak menyakitkan, seperti dilep sewaktu menstruasi kalo saya bilang, terlebih saat kateter di masukkan ke rahim saya sementara perut saya ditekan oleh suster, saya terus berdoa..

Setelah itu posisi kaki saya di luruskan, dan ranjang pun di dongkrak lagi agar posisi pantat lebih tinggi lagi dari sebelumnya. Dan saya pun harus berbaring dengan posisi yang tidak nyaman itu kurang lebih selama 1 Jam. Sementara suami saya menunggu dengan sabar di luar..

Setelah 1 jam, suster membantu saya turun ranjang, dan saya keluar menemui suami saya. Kemudian suami saya menceritakan apa yang dikatakan dokter kepadanya. Saya mendapat obat Cygest – progesterone yang dimasukkan lewat vagina.

*Cygest® merupakan obat yang isinya progesteron dalam bentuk pessary (dimasukkan lewat vagina atau anus). FDA memberi kategori B untuk obat ini.

Dokter pun berpesan agar saya melakukan istirahat total selama 3 hari, dan seterusnya hingga 1 minggu saya harus membatasi aktifitas saya.
Setelah itu kami pun pulang ke rumah mertua, agar istirahat saya bisa total..
Bismillahirrahmanirrahiim..

8 Comments

  1. January 7, 2011 at 3:49 am

    siang mba putri…

    saya tertarik untuk share gonal f injection, karna saya juga sedang therapy gonal f…tks.

    salam,
    brigitta andreas

    • putriprameswari said,

      January 7, 2011 at 2:02 pm

      semangat yah… 🙂 kalo udah suntik gonal-F kalo nantinya suntik pecak telur utk insem bakal ga kerasa koq 🙂 kita yg pernah suntik gonal-F bakal jadi lebih tahan suntik 😉
      semoga membuahkan hasil..

  2. Anonymous said,

    July 15, 2011 at 8:17 am

    siang sis….

    sy mau tanya sebenarnya obat Cygest – progesterone yang dimasukkan lewat vagina itu fungsinya untuk apa sih?…

    karena kmrn sy keguguran gara2 di vagina sy dimasukin Cygest 400 mg- progesterone, kt dktrnya untuk mencegah pendarahan tp kenyataannya setelah 1/2 jam kemudian janin sy keluar. oo iya usia janin sy br 6 minggu.
    padahal sebelum dikasih Cygest 400 mg- progesterone kt dktrnya janin sy bagus tdk ada masalah.

    • putriprameswari said,

      July 25, 2011 at 9:53 pm

      Cygest itu progesterone tambahan untuk penguat kandungan mba, cmiiw.
      Setahu saya justru mencegah keguguran, kl hamil trus muncul flek2 or pendarahan kan tanda2 bahwa kandungannya kemungkinan lemah. Nah..penambahan progesterone itu dibutuhkan untuk menguatkan kandungan tsb. Caranya ada macam2, ada obat oral, suntik, or lewat bawah.
      Kalau memang tetap keguguran berarti kondisi janinnya yang kemungkinan tidak bisa survive, cmiiw.
      Semangat yah mba 🙂 don’t blame it to your obgyn..

  3. Anonymous said,

    March 14, 2012 at 2:31 am

    Pagi sis, saya mau nanya jd hasil insem kemarin gimana? Good news ngak?

  4. madinawidodo said,

    April 16, 2013 at 5:46 am

    Klo saya malah beda jenk,tgl 30 aku M hari ke 2 m ke doktr kandungan,sebelumnya udah di usg.setelah bersih di HSG hasilnya paten.ke dua tuba baguS.2 hri setelah di hsg tgl 10 di usg lg tuk lihat sel telur yg matang ada 2, di injek hormon apa gt lupa.dan besoknya insem.tp aku tanya ke dokter setelah insem kok gak ada larangan apapun ya?,di sarankan di suruh beraktivitas sperti biasa aza,malah di suruh berhub intem terus di masa subur.
    Suami saya se emang py sperma yg jumplahnya sedikit.maka harus di whassing sebelum di insem,dr pihak suami melakukantes sperma,hormon.dn terapi2 lain dr dokter.

  5. lina said,

    May 4, 2013 at 2:51 am

    Wkt saya pake cygest setelah 1 jam suka pgn pipis, nah itu suka ada yg keluar kyk cairan dari cygest nya, itu apa nya sih? Obatnya bukan? Atau hanya pelapis obatnya?

  6. putriprameswari said,

    September 14, 2014 at 10:39 pm

    mohon maaf sangat karena baru ingat password dan cek notif..
    bagi yg ingin share silahkan add
    pin bbm: 79CAC4E8
    atau send email ke
    putri_elk@yahoo.com (untuk dapat nomor wasap/line saya)
    terimakasih..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: